Membahas secara tuntas seputar dunia olahraga

Wednesday, September 30, 2015

CARA YANG PALING TERMUDAH DAN TIPS CERDAS BELAJAR RENANG BAGI PEMULA


Ayo Mengenal Renang


        Sebelum saya akan menjelaskan cara belajar berenang , saya terlebih dahulu membahas tentang sejarah dan manfaat renang itu sendiri. Renang termasuk cabang olahraga air yang sangat menyenangkan dan memberikan banyak manfaat bagi tubuh kita. Karena renang membuat paru - paru kita sehat , sendi lebih lentur terutama dibagian leher, bahu, dan pinggul. Hal itu karena bagian - bagian tubuh tersebut digerakkan saat renang. 




A. Sejarah Renang 
      
      Renang ternyata telah dikenal sejak zaman prasejarah. Berdasarkan gambar - gambar yang berasal dari batu dapat di telusuri adanya gua - gua bagi para perenang di dekat Wadi Sora sebelah barat daya Mesir.


CheuwFamily.blogspot.com
Gambar perenang  didekat wadi sora



       Seorang samurai Jepang dituntut mempunyai kemampuan renang. Sejarah mencatat, pertandingan renang pertama diselenggarakan oleh kaisar Suigui pada 36 SM ( sebelum masehi ).
Perlombaan berenang dimulai di Eropa sekitar tahun 1800. Sebagian besar perenang berenang dengan memakai gaya dada. Pada 1873, John Arthur Trudgen memperkenalkan gaya trudgen di lomba-lomba renang setelah meniru renang gaya bebas suku Indian. Akibat ketidaksukaan orang Inggris terhadap gerakan renang yang memercikkan air ke sana ke mari, Trudgen mengganti gerakan kaki gaya bebas yang melecut ke atas dan ke bawah menjadi gerakan kaki gunting seperti renang gaya samping.


CheuwFamily.blogspot.com
Renang 100 yard di Olimpiade St. Louis 1904
        Renang menjadi salah satu cabang olahraga yang dilombakan sejak Olimpiade Athena 1896. Nomor renang putri dilombakan sejak Olimpiade Stockholm 1912. Pada 1902, Richard Cavill memperkenalkan renang gaya bebas. Federasi Renang Internasional dibentuk pada 1908. Gaya kupu-kupu pertama kali dikembangkan pada tahun 1930-an. Pada awalnya, gaya kupu-kupu merupakan variasi gaya dada sebelum dianggap sebagai gaya renang tersendiri pada 1952.

          Di Hindia Belanda, Perserikatan Berenang Bandung (Bandungse Zwembond) didirikan pada 1917. Pada tahun berikutnya didirikan Perserikatan Berenang Jawa Barat (West Java Zwembond), dan Perserikatan Berenang Jawa Timur (Oost Java Zwembond) didirikan pada 1927. Sejak itu pula perlombaan renang antar daerah mulai sering diadakan. Rekor dalam kejuaraan-kejuaraan tersebut juga dicatatkan sebagai rekor di Belanda.

          Pada 1936, perenang Hindia Belanda bernama Pet Stam mencatat rekor 59,9 detik untuk nomor 100 meter gaya bebas di kolam renang Cihampelas Bandung. Pet Stam dikirim sebagai wakil Belanda di Olimpiade Berlin 1936. Persatuan Berenang Seluruh Indonesia didirikan 21 Maret 1951, dan sebagai anggota Federasi Renang Internasional sejak tahun berikutnya. Perenang Indonesia ikut berlomba dalam Olimpiade Helsinki 1952. ( Sumber Wikipedia )



 B. Manfaat Renang


     Renang Sangat Baik untuk ibu hamil dan orang yang berusia lanjut. Hal itu karena dalam berenang kita terlatih bernapas secara efesian. Olahraga ini setara dengan bersepeda dan jalan cepat. Tubuh akan membakar sekurang - kurangnya 275 kalori / jam. 

Manfaat Renang Secara Umum adalah : ( Sumber Informasi Manfaat )


Bagi Bayi
  1. Membantu perkembangan motorik bayi
  2. Membantu perkembangan syaraf
  3. Membantu proses pertumbuhan
  4. Meningkatkan sistem imun
  5. Membantu keberanian bayi
  6. Agar tidak mudah terkejut
  7. Agar tidak rewel saat mandi
  8. Membantu adaptasi bayi di tempat lain

Bagi Wanita

  1. Menjaga tubuh ideal
  2. Menjaga bentuk tubuh setelah hamil
  3. Mengencangkan otot-otot
  4. Mengencangkan g-spot
  5. Detoksifikasi racun di dalam tubuh
  6. Menghilangkan stres

Wanita Hamil

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh
  2. Tidur lebih nyenyak
  3. Menghindari stres
  4. Mencegah prematur
  5. Membantu proses persalinan
  6. Melonggarkan otot-otot sekitar pinggul
  7. Memperkuat paru paru
  8. Memperkuat jantung

Bagi Orang Tua

  1. Menjaga tulang agar tetap sehat
  2. Menjaga agar tidak pikun
  3. Mencegah stroke
  4. Menjaga fungsi jantung dan paru paru
  5. Membuat tubuh rileks
  6. Mencegah kematian mendadak
  7. Agar tidak mudah terserang penyakit

Untuk pemulihan penyakit

  1. Renang efektif juga diterapkan untuk stroke ringan
  2. Efektif untuk cidera ringan
  3. Efektif melatih jantung lemah
  4. Efektif melatih paru paru agar lebih kuat
  5. Membantu memperkuat pernafasan

  C. Belajar Berenang


       Yang Pertama harus dikuasai dari berenang adalah MENGAPUNG  dan AYUNAN MENDORONG . Karena Ayunan Mendorong ini dapat membantu membuatmu bergerak dari satu tempat ke tempat lain di kolam. JADI, Keberhasilan dalam Berenang terletak pada prinsip dasar berikut. Anda Mengapung, Anda mengayuh, dan Anda Mendorong. Maka, Anda akan Berenang.

       Untuk berlatih teknikmdasar ini, Anda harus didampingi perenang yang cukup mahir. Dikarenakan untuk keamanan dan kenyamanan Anda. 

1. Cara Mengapung di dalam Kolam renang

     Bagi anda yang masih sangat pemula ada baiknya anda masuk di kolam dengan kedelaman sebatas dagu anda. 

a. Peganglah tepi kolam dengan kedua tangan. Rapatkan perutmu pada dinding kolam. Jangan lupa, tekuk lutut anda

b. Tarik napas dalam - dalam, Kemudian tahan sambil perlahan - lahan turunkan tubuh anda. Pada saat ini, Penglihatan anda harus selalu ke depan. Usahakan hanya bagian atas kepalamu yang berada di atas permukaan air untuk beberapa saat. Lepaskan pegangan. Biarkan tanganmu di dalam air untuk beberapa saat

c. Pegang kembali tepi kolam. Berdirilah seperti semula. 

        Ulangi terus sampai anda telah benar - benar menguasai cara mengapung di air. Yang pertama adalah belajar cara berenang dengan gaya dada.


2. Belajar Cara Berenang Gaya DADA

      Gaya Dada termasuk gaya renang yang mudah dan nyaman dilakukan. Mari kita Mulai !!!

A. Ayunan tangan Renang Gaya Dada 

     Ayunan tangan renang gaya dada itu pendek. Akan tetapi, ayunan ini penting untuk menghasilkan daya pengapung. Daya ini mendukung tubuh untuk melakukan ayunan kaki. 

a. Mulai dari posisi mengapung telungkup .

CheuwFamily.blogspot.com
Posisi awal renang gaya dada

           Luruskan tangan anda. Jari tangan menghadap kebawah. Angkat sikutmu keposisi di atas. Putar telapak tanganmu sedikit menghadap keluar. Angkat dagumu saat kamu mengayuh cepat dalam gerakan setengah melingkar. sikut ditekuk 90 derajat. Jari tangan lurus kebawah. Silakan perhatikan Gambar di bawah. 

cheuwfamily.blogspot.com
cara ayunan tangan renang gaya dada
 b. Ambil Napas saat kamu selesai mengayuh dengan sikut keluar. Telapak tangan terangkat di bawah dagu.

c. Untuk pemulihan : jatuhkan wajahmu kedalam air. Gerakkan sikutmu kesamping. Biarkan telapak tangamu setinggi dagu.

d. Putar telapak tangamu menghadap ke bawah. Dorong ke depan, sedikit di bawah permukaan air. Ujung - ujung jari di depan hingga tangan lurus kembali.

2. Berenang Gaya Dada


    Berenang gaya dada berarti menggabungkan gerakan ayunan kaki gaya dada dan ayunan tangan gaya dada. Gaya dada memerlukan sedikit tenaga. Gaya ini tentunya sangat baik diterapkan jika kamu menempuh jarak yang jauh. Anda dapat melihat arah berenangmu lewat gaya ini. Sekarang, siapkan diri anda berenang gaya dada. Sekarang anda perhatikan Gambar animasi dibawah ini untuk memperjelas gerakan renang gaya dada secara lengkap . termasuk gerakan kaki dalam gaya dada.


Cheuwfamily.blogspot.com
Cara melakukan renang gaya dada yang benar


       Tunggu update artikel terbaru yang membahas secara tuntas tentang renang gaya bebas, gaya punggung, serta gaya kupu - kupu secara lengkap.




     

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah Dengan bijak dan sopan.

CheuwFamily.blogspot.com. Powered by Blogger.